Tenaga Kerja Asing Perbankan Harus Bisa Bahasa Indonesia

Tenaga Kerja Asing (TKA) sebagai pejabat eksekutif, penasehat atau konsultan pada bank lokal harus bisa berbahasa Indonesia secara memadai dalam waktu paling lambat satu tahun setelah menduduki jabatan.

Berdasarkan surat edaran Bank Indonesia No 9/27/DPNP tertanggal 19 November 2007, tentang Pelaksanaan Pemanfaatan Tenaga Kerja Asing (TKA) dan Program Alih Pengetahuan di Sektor Perbankan yang ditandatangani Deputi Gubernur BI Muliaman D Hadad,

Hal itu ditunjukkan dengan menyampaikan kepada BI, Sertifikat Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) sesuai tingkat kemampuan yang dapat dicapai oleh masing-masing TKA, yang dikeluarkan oleh Pusat Bahasa, Depdiknas atau lembaga pendidikan/kursus bahasa Indonesia yang terdaftar.

Selain itu, surat edaran juga menetapkan posisi yang boleh diisi tenaga kerja asing antara lain Treasury, Manajemen risiko, Teknologi informasi, Kredit/pembiayaan, Investor/customer relation, Pemasaran dan Keuangan.

Namun, bank dapat mengajukan permohonan untuk meminta pengecualian pemanfaatan TKA di luar bidang tugas yang telah ditetapkan dalam surat edaran BI dengan memperhatikan kebutuhan bank, ketersediaan dan kemampuan tenaga kerja Indonesia, pemenuhan kriteria yang dipersyaratkan dalam PBI.

Ketentuan lainnya ialah TKA dibidang perbankan harus didampingi paling tidak 2 pekerja lokal sebagai tenaga pendamping yang akan mendapatkan pendidikan dan pelatihan kerja dari TKA.

Penulis, Arry Raymond

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: