Maskapai Indonesia tetap dilarang terbang ke Eropa

Maskapai Indonesia tetap dilarang terbang ke Eropa

Komisi Transportasi Uni Eropa tetap melarang 51 maskapai Indonesia terbang ke wilayah Eropa karena dianggap masih belum menunjukkan perbaikan untuk memenuhi standar keamanan. 

Dalam daftar yang dibuat berdasarkan rekomendasi dari 25 negara anggota Uni Eropa dan diperbaharui tiap tiga bulan, tercatat 92 maskapai dari 14 negara yang dilarang.

Beberapa maskapai Indonesia yang masih dilarang terbang antara lain Adam Air, Deraya Air, Garuda Indonesia, Gatari Air, Indonesia Air Asia, Indonesia Air Transport, Kartika Airlines, Lion Air, Mandala Airlines, Merpati Nusantara, Pelita Air Service, Riau Airlines dan Sriwijaya Air.

Jacques Barrot, Komisioner Transportasi Uni Eropa dalam statemen tertulisnya pada 28 November 2007 menyatakan “revisi terakhir menunjukkan bila maskapai melakukan perbaikan cepat agar sesuai dengan standar keamanan, mereka dapat dikeluarkan dari daftar larangan terbang dengan segera”.

Selain Indonesia, maskapai negara yang masuk dalam daftar larangan terbang yakni Republik Demokratik Kongo, Guinea Khatulistiwa, Kyrgiztan, Liberia, Sierra Leone dan Swaziland.

Menanggapi masih dimasukkannya Maskapai Indonesia dalam daftar maskapai yang dilarang terbang ke Uni Eropa, Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal merasa kecewa dan akan mengirim surat kepada Presiden International Civil Aviation Organization (ICAO) yang isinya mengusulkan agar tidak ada kelompok negara yang menyatakan sanksi, hukuman atau menggunakan larangan untuk memperbaiki tingkat keselamatan penerbangan negara lain.

Menurut Jusman, bila Uni Eropa peduli pada peningkatan keselamatan dan keamanan penerbangan, sebaiknya dilakukan melalui kerjasama teknis, seperti yang dilakukan Australia dan Amerika Serikat.

Maskapai Indonesia masuk dalam list Komisi Transportasi Uni Eropa pertama kali pada bulan Juli 2007, setelah terjadi beberapa kecelakaan pesawat yang mengakibatkan banyak korban meninggal dunia antara lain Adam Air DHI 574 pada bulan Januari 2007 dan Garuda GA 200 pada 7 Maret 2007 di Yogyakarta.

(Penulis, Arry Raymond)

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: