Pemerintah batasi ekspor batu bara mulai 2025

Pemerintah membatasi volume ekspor batu bara sebesar 150 juta ton per tahun mulai 2009 hingga 2025, untuk menjamin kebutuhan domestik yang makin meningkat.

Direktur Jenderal Batu bara dan panas bumi, Simon Sembiring, Selasa (04/12) mengungkapkan sesuai kebijakan nasional batu bara 2004, ekspor batu bara ditetapkan sebesar 150 juta ton per tahun. pembatasan ekspor dilakukan untuk menjamin pasokan dalam negeri yang diperuntukan bagi proyek pembangkit listrik PLN 10.000 MW dan swasta serta industri lokal yang beralih menggunakan batubara, sebagai dampak melonjaknya harga minyak.

Berdasarkan data departemen ESDM, konsumsi batu bara domestik, pada tahun 2006 sebesar 39,2 juta ton dan untuk semester 1-2007 sebesar 19,9 juta ton, dengan pengguna terbesar di sektor kelistrikan.

Sedangkan untuk ekspor batu bara, pada tahun 2006, sebesar 129.5 juta ton, untuk 2007, jumlah ekspor batubara diperkirakan sebesar 147 juta ton, pada 2008 sebesar 148 juta ton dan pada 2009 sebesar 150 juta ton.

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: