Miranda Usulkan Pembentukan ‘Sovereign Wealth Fund’

Miranda Usulkan Pembentukan ‘Sovereign Wealth Fund’  

Deputi Senior Gubernur Bank Indonesia (BI) Miranda Swaray Goeltom, Sabtu (15/12) mengusulkan perlunya semacam dana sovereign wealth fund (SWF) yang memiliki fungsi stabilisasi, investasi, maupun tabungan.

Menurut Miranda, Ke depan hal ini sangat relevan dengan tantangan ekonomi global bagi perekonomian Indonesia dalam bentuk ketidakpastian yang semakin tinggi terutama di sektor keuangan.

Pada dasarnya SWF harus dikelola dengan satu tujuan, yakni perolehan hasil yang optimal.

Keleluasaan yang lebih longgar dalam pengelolaannya, merupakan kelebihan SWF dibandingkan dengan pengelolaan cadangan devisa oleh bank sentral.

Dana SWF dapat bersumber dari penghasilan pemerintah dari minyak atau komoditi dan dikelola oleh badan otonom resmi pemerintah yang khusus dibentuk dengan dasar kerja seperti layaknya lembaga keuangan internasional modern.

Mandat yang diberikan kepada pengelola SWF adalah pengelolaan kapital dengan tujuan meraup laba tanpa embel-embel politik.

Saat ini, berbagai negara yang memiliki kelimpahan endowment komoditi minyak dan lainnya, telah mulai membentuk SWF masing-masing. Negara itu antara lain Uni Emirat Arab, Singapura, Brunei, Malaysia, Taiwan dan Kanada.

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: