PLN serahkan Pengelolaan Proyek 10.000 Mw ke IP dan PJB

PLN serahkan Pengelolaan Proyek 10.000 Mw ke IP dan PJB

PT PLN menyerahkan pengelolaan proyek pembangkit 10.000 Megawatt (Mw) di Jawa Barat dan Jawa Timur kepada PT Indonesia Power (IP) dan PT Pembangkit Jawa Bali (PJB) untuk mempercepat return on equity.

Direktur Utama PLN, Eddie Widiono, Senin (24/12) mengungkapkan penyerahan pengelolaan dilakukan agar dua anak perusahaan PLN (IP&PJB) bisa bersaing dalam harga jual listrik dengan pihak swasta (IPP).

Selain itu, untuk jangka panjang PLN berencana akan menyerahkan pengelolaan seluruh unit pembangkit yang dimiliki PLN kepada anak-anak perusahaan.

Untuk tahap awal PLN akan memberikan IP pengelolaan proyek pembangkit 10.000 Mw yang berada di Jabar, dan PJB untuk di Jatim.

Eddie menambahkan, dari asetnya yang sebesar Rp58 triliun pada tahun 2007, IP memiliki ekuitas mencapai 74% atau Rp43 triliun, sedangkan sisanya adalah hutang.

Lebih lanjut Eddie menjelaskan, jika ingin memberi ROE yg bagus bagi pemegang saham, maka setidaknya ekuitas harus ekivalen dengan bunga utang. Makanya PLN memberikan proyek untuk memperbesar pinjaman IP.

Atas dasar pemikiran itu, PLN tidak membayarkan secara tunai utang tahun 2007 kepada IP yang berjumlah Rp17 triliun.

Sementara PJB, pada tahun 2007 mempunyai piutang yang jumlahnya sebesar Rp10 triliun dan diperkirakan untuk 2008, piutang PJB akan naik menjadi Rp11,9 triliun.

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: