BI dan Pemerintah Luncurkan Electronic Banking

BI dan Pemerintah Luncurkan Electronic Banking

Bank Indonesia dan Pemerintah meluncurkan Bank Indonesia Government Electronic Banking (BIG-eB), untuk memperkuat koordinasi otoritas fiskal dan moneter.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Miranda S. Goeltom, Kamis (27/12) mengungkapkan beroperasinya sistem BIG-eB merupakan penguatan koordinasi otoritas fiskal dan otoritas moneter, melalui penyediaan layanan oleh Bank Indonesia untuk mendukung kebutuhan Pemerintah meningkatkan pengawasan dan pengelolaan anggaran.

Menurut Miranda, saat ini BIG-eB baru memasuki tahap I (pertama), yaitu tersedianya modul informasi seluruh Rekening Pemerintah (khusus rupiah) yang ditatausahakan di Kantor Pusat maupun di Kantor Bank Indonesia.

Pada pengembangan tahap II, modul transaksi rupiah yang dapat diselesaikan melalui pemindahbukuan, BI-RTGS dan SKN-BI seperti Treasury Single Account (TSA), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Bagi Hasil (DBH) mulai dapat diimplementasikan.

Adapun tahap III merupakan implementasi modul informasi dan transaksi valas seluruh Rekening Pemerintah yang ditatausahakan di Kantor Pusat maupun di Kantor Bank Indonesia.

Pada tahap IV atau terakhir, diharapkan sistem BIG-eB sudah dapat diintegrasikan dengan sistem lain yang terkait dengan pengelolaan anggaran Pemerintah di Departemen Keuangan.

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: