Infrastruktur Transportasi Indonesia Peringkat 91

Infrastruktur Transportasi Indonesia Peringkat 91

Infrastruktur sektor transportasi di Indonesia menempati peringkat 91 dari 131 negara yang disurvey oleh World Economic Forum (WEF).

Deputi Menko Perekonomian Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah, Bambang Susantono, Selasa (26/2) mengatakan survey Infrastruktur Transportasi merupakan bagian dari pemeringkatan daya saing WEF yang dilakukan terhadap 131 negara.

Menurut Bambang, dari segi daya saing, Indonesia menempati peringkat 54 dan untuk infrastruktur transportasi Indonesia menempati urutan 91.

Lebih lanjut Bambang menjelaskan, Indonesia masih terkendala minimnya infrastruktur transportasi karena terbatasnya anggaran.

Untuk tahun anggaran 2008, pemerintah menganggarkan dana penanganan jalan sebesar Rp 18,411 triliun. Namun, sekitar 55 persen dari anggaran digunakan untuk pemeliharaan. Sementara untuk perluasan jalan hanya 31,4 persen. 

Alokasi dana untuk pemeliharaan mencapai Rp 10,19 triliun (55%) yang terdiri dari Rp 2,984 triliun untuk pemeliharaan jalan (33.784 km) dan jembatan (27.456 m), serta Rp 7,205 triliun untuk peningkatan struktur jalan (6.718 km).
 
Sementara untuk perluasan jalan dialokasikan dana sebesar Rp 5,772 triliun (31,4%) yang terdiri dari pergantian dan perbaikan jembatan (1.800 km) sebesar Rp 1,591 triliun, pelebaran jalan minor (Rp 615,5 km) sebesar Rp 1,53 triliun.
 
Selain itu, ada peningkatan kapasitas (660 km) dan pembangunan jalan baru (66,3 km) sebesar Rp 835 miliar.

Pembangunan jembatan baru (1.384 m) sebesar Rp 1,291 triliun, dan pembangunan fly over (3.896 km) sebesar Rp 522 miliar.

Saat ini,  kendala utama yang sering dihadapi pemerintah untuk menambah kapasitas ruas jalan yakni masalah tata ruang dan pembebasan lahan.

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: