Tim Tarif Usul PPnBM Produk Elektronik Dihapus

Tim Tarif Usul PPnBM Produk Elektronik Dihapus

Wakil Ketua Tim Tarif Erwidodo Selasa (26/02) mengatakan Tim Tarif sepakat untuk mengusulkan penghapusan pajak penjualan barang mewah (PPnBM) untuk produk elektronik yang saat ini dikenakan pajak 10 persen.

Menurut Erwidodo, usulan Tim Tarif, yang anggotanya berasal dari lintas departemen terkait seperti depkeu depperin dan depdag, telah mempertimbangkan implikasi dilapangan pasca penghapusan PPnBM dan diperkirakan dampaknya akan meningkatkan daya saing industri dalam negeri serta konsumsi elektronik domestik akan meningkat.

Tim akan menyampaikan usulan ke Departemen Keuangan yang akan mengadakan pembahasan internal dengan Ditjen Pajak dan Badan Kebijakan Fiskal, dan selanjutnya Depkeu akan mengeluarkan ketetapan dalam bentuk keputusan Menteri Keuangan.

Salah satu usulan yang disampaikan ke Depkeu adalah memperluas cakupan penghapusan PPnBM barang elektronik untuk televisi (TV) sampai ukuran 43 inci, saat ini penghapusan PPnBM TV hanya sampai ukuran 21 inci.

Menanggapi usulan yang disampaikan tim tarif untuk menghapus PPnBM produk elektronik, Ketua Electronic Marketer Club (EMC) Agus Subiantoro menyatakan dengan adanya penghapusan PPnBM maka akan berakibat pada penurunan ongkos produksi dan berdampak pada penurunan harga jual.

Namun Agus menambahkan kebijakan penghapusan PPnBM ini sebaiknya juga diikuti dengan peninjauan tarif untuk komponen elektronik sehingga industri elektronik lokal bisa tumbuh lebih cepat.

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: