Pemenang Nobel Kesehatan 2005 Berikan Kuliah Umum di UPH

marshall.jpg

Pemenang Nobel Kesehatan 2005 Berikan Kuliah Umum di UPH

Prof.Dr.Barry J.Marshall dari Australia, Peraih penghargaan Nobel bidang kesehatan tahun 2005, Selasa (04/03) memberikan kuliah umum di Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan (FK-UPH), Tangerang tentang Helicobacter pylori (H.pylory).

Prof Marshall memberikan kuliah dalam dua sesi, Pertama bertema “The Excitement of Science and the Nobel Prize” untuk para mahasiswa UPH dan umum serta sesi kedua dengan tema “Past Lessons and New Opportunities for Helicobacter pylori”. 

Dalam kuliahnya, Prof Marshall menjelaskan penelitiannya berpangkal dari keprihatinan terhadap maraknya penyakit gastritis dan luka di lambung yang diderita oleh hampir 50 persen penduduk dunia.

Selanjutnya bekerjasama dengan Dr.J.Robin Warren dari Perth, Australia Barat, keduanya melakukan penelitian hingga menemukan bakteri helicobacter pylori (H.pylory) yang mampu hidup di dalam perut manusia dan menjadi penyebab penyakit infeksi lambung dan bila terus berlanjut dapat menjadi faktor pemicu kanker perut.

Penelitian yang dilakukan selama 20 tahun juga berhasil menemukan vaksin yang dapat membunuh bakteri H.pylori dan menyingkirkan luka di lambung secara permanen.

Lebih lanjut, Prof Marshal menjelaskan yang terpenting dalam dunia kesehatan saat ini adalah penemuan baru obat-obatan yang dilakukan melalui penelitian karena hal itu akan menyelamatkan jutaan jiwa manusia.

Dekan FK-UPH dr.Eka Wahjoepramono menyatakan ceramah Prof Marshall diharapkan dapat merangsang generasi muda Indonesia, khususnya para mahasiswa serta praktisi bidang kedokteran agar tertarik dengan bidang penelitian.

Menurut Eka, di Indonesia para dokter lebih suka bekerja di klinik dengan gaji ratusan juta rupiah per bulan dibanding bekerja sebagai peneliti dengan penghasilan yang lebih rendah, sangat berbeda dibandingkan penghasilan bila berpraktek sebagai dokter.

Jonathan L Parapak, Rektor UPH menyatakan selanjutnya Prof Marshall akan menjadi Visiting Professor di FK-UPH dan akan memberikan kuliah umum mengenai topik terkait lainnya, Prof Marshall juga akan terlibat dalam penelitian kesehatan yang dilakukan FK-UPH.

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: