Kelas Keramik untuk mengisi waktu luang bagi para Ibu

keramik.jpg

Kelas Keramik untuk mengisi waktu luang bagi para Ibu

Saat ini, terdapat berbagai pilihan bagi para ibu untuk mengisi waktu luang, apakah dengan mengikuti kursus keterampilan atau kegiatan lain yang ditujukan untuk menyalurkan hobby.

Salah satu alternatif kegiatan yang ditawarkan ialah kursus keramik, yang diselenggarakan oleh galeri kollekan.

Galeri ini berdiri sejak tahun 1998, awalnya hanya tempat untuk menjual karya keramik yang dibuat oleh dua orang pemiliknya, yakni Ibu Yetty Tamsil dan Wati Karmojono, tapi mulai tahun 1999, juga dipakai sebagai kelas kursus keramik.

Awalnya Yetti dan Wati belajar keramik di Workshop Applesien milik keramikus Liem Keng Sien yang satu angkatan dengan FX Widayanto dan Suyatna, pada tahun 1998.

Setelah selesai mereka memutuskan untuk menekuni seni keramik dan bergabung untuk menjalankan galeri keramik yang juga berfungsi sebagai ruang pamer keramik dan studio.

Pada masa-masa permulaan, galeri kollekan hanya berfungsi sebagai ruang pamer karya keramik yang mereka desain dan buat, namun karena permintaan pengunjung galeri yang juga tertarik untuk mengetahui proses pembuatan keramik, akhirnya mulai 1999 dibuka kelas hobby untuk anak-anak maupun dewasa, baik pria dan wanita dari berbagai suku bangsa.

kollekan.jpg

Menurut Yetty, saat ini minat para Ibu, baik orang Indonesia maupun Asing yang belajar keramik untuk hobby semakin meningkat dan oleh karena itu galeri kollekan merespon permintaan tersebut dengan membuka kelas khusus untuk para Ibu, baik private maupun kelompok.

Untuk orang Asing yang pernah belajar keramik di galeri kollekan antara lain dari Jepang, Spanyol, Amerika, Inggris dan Thailand.

Di galeri kollekan, materi kursus keramik yang diajarkan hanyalah teknik dasar pembuatan keramik dan selanjutnya para murid dianjurkan untuk menciptakan berbagai bentuk yang diinginkan, tidak ada standar baku yang harus diikuti dalam pembuatan karya yang dibuat oleh para murid, karena pada dasarnya kelas keramik ditujukan untuk penyaluran hobby.

Lebih Lanjut Yetty menjelaskan, dalam kelas keramik, yang biasanya berlangsung selama dua jam, para murid diajarkan mengenai dasar-dasar teknik pembuatan keramik yakni teknik pinch (pencet) yang dikembangkan untuk pembuatan cawan dan teko, coil (pilin) untuk membuat cangkir tinggi dan vas bunga dan slab (lempeng) untuk membuat piring.

Salah satu teknik yang agak sulit ialah pinch, karena perlu kesabaran dalam memencet tanah liat sampai ketebalannya sama.

Yetty mengungkapkan banyak orang yang pertama kali datang merasa tidak bisa tapi setelah berlatih bisa hasilkan karya keramik yang bagus.

Kelas Hobby yang diselenggarakan galeri kollekan pada hari selasa dan jumat biasanya didatangi oleh para ibu yang ingin tahu mengenai cara pembuatan keramik dan mengisi waktu sambil menunggu anaknya pulang sekolah. Sedangkan untuk kelas hobby hari sabtu, biasanya diikuti oleh para pekerja kantoran dan kadangkala pada hari ini para suami juga ikut menyertai mereka membuat keramik.

Untuk ikut kelas keramik setiap peserta akan dikenakan biaya mulai dari Rp 475 ribu untuk 5 kali pertemuan sampai Rp 875 ribu untuk 10 kali pertemuan, biaya juga sudah termasuk tanah liat, pewarnaan dan pembakaran. Sedangkan untuk satu kali kunjungan belajar dikenakan biaya Rp 100,000,-.

Galeri Kollekan
Jl. Abdul Majid 15,
Cipete Utara,
Jakarta Selatan.
Phone : (021) 7694543

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

7 Responses to Kelas Keramik untuk mengisi waktu luang bagi para Ibu

  1. Heni Susanti mengatakan:

    nama saya Heni saya mohon informasi apakah kelas untuk belajar keramik waktunya kita tentukan sendiri atau dibuat jadwal?? umur saya 40 tahun, tinggal di Bogor. mohon informasi lengkap tentang jadwal pembelajaran dan cara pendaftarannya. terimakasih..

  2. buletinbisnis mengatakan:

    Ibu Bisa langsung kontak
    dengan Ibu Yetty Tamsil
    di (021) 7694543

  3. yudhy mengatakan:

    Bu Yetty, saya ada stok clay dalam jumlah banyak, tersedia dalam bentuk liquid dan polymer, jika berminat bisa hub saya di 021 7342345 atau 021 92772290.tks.

  4. Yulia mengatakan:

    Wah ternyata tempatnya gak jauh dari rumah saya di Jl. H Naim I.
    Moga lain kali bisa ikutan belajar bikin keramik, Kayaknya bakalan seruuuu…🙂

  5. mimi mengatakan:

    Kira2 kpn la ada kursus? mau dong ikutan

  6. yosep Kurniawan mengatakan:

    Yth Galeri Kollekan,
    Saya ingin bertanya mengenai bahan-bahan pembuatan keramik, apa bisa saya membeli dalam jumlah kecil di galeri kollekan, seperti clay, stain, medium? mohon informasinya.
    Terima Kasih.
    Yosep.

  7. yetty mengatakan:

    terima kasih kepada buletinbisnis dan kepada yang sudah memberi komentar.
    Kursus di studio kami diadakan hari selasa, jumat dan sabtu.
    kelas pagi mulai jam 10.30 dan siang mulai jam 14.00.
    Juga bisa menyediakan bahan dalam skala kecil.
    Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi kami. Salam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: