Mulai Juli 2008, Indonesia kirim 1.000 perawat ke Jepang

Indonesia mulai Juli akan mengirimkan 1.000 perawat dan pengasuh bagi orang lanjut usia ke Jepang sebagai tindak lanjut dari kesepakatan kerjasama ekonomi Jepang Indonesia (IJEPA).
  
Menteri Tenaga Kerja Erman Soeparno (05/19) menyatakan untuk tahap pertama yang dikirim sebanyak 1.000 orang terdiri dari 400 orang perawat dan 600 orang pengasuh orang lanjut usia dengan status bekerja.

Untuk pengelolaannya dari pihak Indonesia dilaksanakan oleh Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI) sedangkan mitra dari pihak Jepang ialah Japan International Corporations of Welfare Services (JICWELS).
  
Untuk persyaratan yakni D-III Akademi Perawat di Indonesia atau lulus dari Fakultas Perawat Universitas di Indonesia dan telah bekerja minimal 2 tahun untuk perawat (nurse) dan memiliki sertifikat caregiver bagi calon pengasuh orang lanjut usia (caregiver).
  
Sedangkan mengenai upah, bagi perawat minimal akan mendapatkan penghasilan sebesar 200 ribu yen atau setara Rp17,910 juta dengan kurs saat ini, Rp89,551 per yen, dengan masa kontrak perawat tiga tahun.
  
Sementara untuk pengasuh sebesar 175 ribu yen per bulan atau setara Rp15,665 juta, dengan masa kontrak empat tahun.
  
Bagi yang berminat untuk mendapatkan informasi detail dengan mengunjungi situs BNP2TKI di http://www.tki.or.id.

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

One Response to Mulai Juli 2008, Indonesia kirim 1.000 perawat ke Jepang

  1. irpan mengatakan:

    saya senang sekali kalo bs ke jepang sebagai perawat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: