Pemerintah pastikan kenaikan harga BBM 28,7%

Pemerintah pastikan kenaikan harga BBM 28,7%

Pemerintah akan mengumumkan kenaikkan harga bahan bakar pada kisaran 28,7%, setelah presiden mengadakan rapat final untuk mengevaluasi hasil bantuan langsung tunai (BLT).

Menteri keuangan, Sri Mulyani (05/21) mengungkapkan dengan kenaikkan harga BBM dikisaran 28,7% maka beban subsidi BBM pada APBN sebesar Rp 141 triliun.

Menurut Sri Mulyani, pemerintah tak bisa menaikkan harga BBM terlalu besar karena bisa meningkatkan beban masyarakat dan akan memicu inflasi terutama di sektor transportasi , makanan dan minuman serta pupuk.

Skenario kenaikan harga tiga jenis BBM bersubsidi yakni premium naik Rp1.500 (33,33 persen) menjadi Rp6.000 per liter dari Rp4.500 per liter.

Solar naik Rp1.200 (27,90 persen) menjadi Rp5.500 per liter dari Rp4.300,- dan minyak tanah menjadi Rp2.500 per liter, atau naik Rp500 (25 persen) dari Rp2.000.

Mengenai detail pelaksanaan, Menteri energi dan sumber daya mineral Purnomo Yusgiantoro menjelaskan setelah pengumuman pemerintah akan memberlakukan tiga jenis harga BBM.

Pertama, yang diberikan untuk sepeda motor dan angkutan umum yang juga akan mendapatkan smart card. kedua kendaraan pribadi dan ketiga BBM industri.

Untuk smart card, Purnomo menjelaskan penerapannya akan mulai diuji coba pada bulan September di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali. Pemberlakuan secara nasional akan dimulai awal tahun 2009.

Sedangkan untuk harga bbm kendaraan pribadi, akan ada penyesuaian harga secara bertahap sampai mencapai harga keekonomian (sesuai dengan harga pasar dunia).

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: