ST Telemedia Jual Seluruh Sahamnya di Indosat

ST Telemedia Jual Seluruh Sahamnya di Indosat

Qatar Telecom (Qtel) tanggal 6 Juni 2008 telah membeli seluruh saham Singapore Technologies Telemedia Pte Ltd (ST Telemedia) sebesar 40,8 persen di PT Indosat Tbk senilai USD 1,8 miliar (Rp 16,5 triliun) dan rencananya, transaksi pengambilalihan saham ini akan rampung pada 26 Juni 2008.

Deputy Chairman Qtel Sheikh Mohammed bin Suhaim Al Thani (06/07) mengungkapkan Qtel akan berinvestasi secara signifikan di Indosat untuk mendukung pertumbuhan perusahaan, karena kami yakin Indonesia dengan jumlah penduduk yang amat besar adalah pasar dengan tingkat pertumbuhan yang tinggi untuk industri telekomunikasi.

Qtel adalah perusahaan telekomunikasi terbesar di Timur Tengah dengan jaringan yang tersebar di Asia Pasifik, Amerika dan Eropa dan memiliki 44 juta konsumen di 16 negara.

Penjualan Saham ST Telemedia di Indosat merupakan akibat dari Putusan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) pada 19 November 2007 yang menyatakan bahwa kelompok usaha Temasek telah melakukan persaingan usaha tidak sehat karena memiliki saham secara tidak langsung di PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dan PT Indosat Tbk (Indosat).

Temasek, melalui anak usahanya Singtel memiliki saham Telkomsel sebesar 35%, sedangkan STT memiliki saham Indosat sebanyak 40,8% melalui Indonesia Communication Limited (ICL), dalam struktur STT ICL
dimiliki oleh Asia Mobile Holding yang sahamnya 75% milik Temasek dan 25% milik Qtel.

Temasek tidak terima atas keputusan KPPU dan mengajukan banding ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, tapi pada 9 Mei 2008, Majelis hakim pengadilan Jakarta Pusat malah menguatkan putusan KPPU.

Dan selanjutnya Temasek mengajukan banding ke Mahkamah Agung (MA) pada 22 Mei 2008, namun sebelum ada keputusan dari MA, saham temasek di Indosat dijual kepada Qtel.

Hal ini cukup mengejutkan karena sebelumnya Temasek menyatakan tidak akan menjual sahamnya di Indosat meski sudah diputuskan bersalah oleh KPPU.

Temasek masuk ke Indosat melalui ST Telemedia, anak perusahaannya, dengan membeli 41,94 persen saham indosat pada 15 Desember 2002 dengan nilai Rp 5,6 triliun.

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: