Mulai 2009, Tarif PPh Tunggal diberlakukan

Mulai 2009, Tarif PPh Tunggal diberlakukan

Rencananya mulai tahun depan, tarif pajak penghasilan akan berlaku sama baik bagi pengusaha besar maupun kecil.

Dradjad Wibowo anggota Panitia Kerja Rancangan Undang-undang (RUU) Pajak Penghasilan dari DPR (06/09) mengungkapkan berdasarkan hasil rapat Panitia Kerja RUU Pajak Penghasilan yang terdiri dari wakil pemerintah dan DPR telah menyepakati penerapan tarif tunggal untuk memudahkan aparat dalam melakukan pemungutan pajak karena selama ini aparat pajak sering mendapat kesulitan dilapangan untuk memastikan besarnya laba perusahaan wajib pajak.

Untuk Tarif tunggal pajak penghasilan (PPh) bagi wajib pajak badan mulai 2009 akan dikenakan sebesar 28% dari laba kotor dan mulai 2010 tarifnya akan turun menjadi 25%.

Selain itu, kesepakatan juga mengatur bahwa mulai tahun 2011, pemerintah harus menurunkan tarif PPh dengan target sampai kurang dari 20%.

Sedangkan untuk PPh orang pribadi disepakati penurunan tarif tertinggi dari 35% menjadi 30% mulai 2009 dan masih bisa diturunkan sampai 25%.

Untuk mekanisme perubahannya bisa dilakukan melalui peraturan pemerintah yang kemudian disetujui oleh DPR dalam pembahasan rancangan APBN tahun berikutnya, sehingga untuk perubahan tarif selanjutnya tidak perlu melalui Undang-undang.

Menurut Dradjad, penurunan nilai tarif pajak yang cukup signifikan dimaksudkan agar tarif PPh di Indonesia lebih kompetitif dibanding tarif pajak serupa di antara negara-negara kawasan Asia serta menjaga likuiditas dan daya beli masyarakat sehingga konsumsi rumah tangga dan investasi pertumbuhannya bisa tetap terjaga.

Selain menyepakati penerapan tarif PPh tunggal, Panitia Kerja juga melakukan perubahan lapisan maksimum pendapatan kena pajak.

Lapisan pajak maksimum diterapkan kepada wajib pajak dengan penghasilan diatas Rp 500 juta per tahun, naik dari sebelumnya yang mempunyai pendapatan maksimum diatas Rp 250 juta per tahun.

Untuk Tarif PPh orang pribadi menjadi 5% untuk penghasilan hingga Rp 50 juta per tahun, 15% untuk penghasilan diatas Rp 50 juta sampai Rp 250 juta per tahun, 25% untuk penghasilan diatas Rp 250 juta sampai Rp 500 juta dan tarif tertinggi 30% untuk penghasilan diatas 500 juta.

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

One Response to Mulai 2009, Tarif PPh Tunggal diberlakukan

  1. Deni Marantika mengatakan:

    kira-kira dengan peraturan tarif tunggal tersebut berdampak positif tidak untuk perusahaan kecil-menengah???

    mohon petunjuk dan saran nya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: