Dirjen Pajak Berhenti dari BEI

Dirjen Pajak Berhenti dari BEI

Direktur Jenderal Pajak Darmin Nasution, Rabu (06/11) mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatan komisaris utama Bursa Efek Indonesia (BEI).

Menurut Darmin, pengunduran dirinya sama sekali tanpa paksaan atau merupakan murni keputusan pribadi dan bukan atas permintaan dari siapapun dan pihak manapun, termasuk dari Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Menanggapi pengunduran diri Darmin Nasution dari BEI, Anggota komisi XI DPR Dradjad Wibowo mendukung pengunduran diri Darmin karena selain berpotensi akan menimbulkan konflik kepentingan, keberadaan pegawai negeri sipil sebagai komisaris utama di perusahaan swasta juga bertentangan dengan Peraturan Pemerintah (PP) No 6 tahun 1974.

Berdasarkan ketentuan dalam PP, dijelaskan adanya larangan dan pembatasan bagi PNS, Anggota ABRI, dan Isteri PNS/anggota ABRI dalam Perusahaan Swasta serta usaha dagang resmi/sambilan dan Pembatasan bagi PNS, Anggota ABRI, dan Isteri PNS/anggota ABRI dalam Badan Sosial.

Namun aturan ini tidak berlaku bagi penempatan PNS yang menjabat komisaris di BUMN.

Sebagai contoh, saat ini banyak pejabat eselon 1 Departemen Keuangan(DepKeu) yang merangkap jabatan di BUMN antara lain Sekretaris Jenderal Departemen Keuangan (DepKeu) Mulia P Nasution menjabat komisaris utama di Bank Permata.

Direktur Jenderal Anggaran Ahmad Rochjadi menjabat komisaris di PT Pertamina dan PT Taspen.

Selanjutnya, Direktur Jenderal Perbendaharaan Herry Purnomo menjabat komisaris di PT Jamsostek dan PT Pos Indonesia.

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Hadiyanto menjabat komisaris utama di PT Garuda Indonesia dan PT Bank Tabungan Pensiunan Negara.

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Mardiasmo menjabat komisaris di PT Jasa Raharja.

Sedangkan Ketua Bapepam Fuad Ahmad Rahmany menjabat komisaris di PTPN IV.

Direktur Jenderal Pengelolaan Utang Rahmat Waluyanto menjabat komisaris di PT PLN dan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia.

Sementara di Kementrian lain, pejabat yang merangkap komisaris di BUMN antara lain di Iskandar Abu Bakar, yang sehari-hari bertugas sebagai Dirjen Perhubungan Darat, menjadi komisaris di PT Pelindo III.

Harijogi, Sekjen Departemen Perhubungan merangkap sebagai Komisaris Utama PT Pelindo I.

Lantas Effendi Batubara, yang menjabat sebagai Dirjen Perhubungan Laut, mendapat posisi tambahan sebagai komisaris utama di PT Angkasa Pura I dan Sumino Eko Saputro, Komisaris Utama PT Kereta Api.

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: