Pemerintah Tetapkan Pemberlakuan DMO Batubara

Pemerintah Tetapkan Pemberlakuan DMO Batubara

Pemerintah menetapkan pemberlakuan kebijakan kewajiban pemenuhan untuk pasar domestik atau domestik market obligation (DMO) kepada para pengembang batubara di Indonesia.

Dalam Siaran Pers yang dikeluarkan Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral (06/25) menjelaskan bahwa pemberlakuan DMO untuk memenuhi kebutuhan batubara dalam negeri yang diperkirakan akan meningkat menjadi 70.75 juta ton pada 2008. naik dari kebutuhan tahun 2007 yang sebesar 62.5 juta ton.

Dengan adanya kebijakan ini, maka pada saat perusahaan mengajukan rencana kerja dan anggaran biaya (RKAB), pemerintah bisa meminta perusahaan batubara untuk menjual sebagian hasil produksi batubaranya di dalam negeri.

Sedangkan untuk penentuan kebutuhan DMO, angkanya akan didasarkan pada pengajuan kebutuhan batubara dari sektor industri, transportasi dan listrik.

Dari sisi pemerintah, pemberlakuan DMO merupakan salah satu cara untuk menjaga keberlanjutan proyek 10.000 MW.

Pada Bulan Mei 2008, Yahya Hidayat Direktur Energi, Telekomunikasi dan Informasi Bappenas mengungkapkan bahwa dalam proyek 10.000 MW, untuk memenuhi kebutuhan PLTU dibutuhkan batubara sebanyak 31.9 juta ton per tahun.

Dan kalau ditambah dengan kebutuhan batubara untuk PLTU yang sudah ada maka jumlah kebutuhannya akan sebesar 71.9 juta ton per tahun.

Sehingga untuk memastikan pasokan batubara untuk kebutuhan dalam negeri maka kebijakan DMO merupakan opsi yang paling memberikan jaminan agar penyediaan listrik tidak terganggu.

Menurut Yahya, opsi lainnya adalah penetapan pricing policy, yakni pemberian ketetapan harga ke para produsen batubara untuk memenuhi kebutuhan batubara PLN.

Lebih lanjut Yahya menjelaskan, untuk opsi ini masalah akan timbul jika harga dari PLN rendah, sehingga para produsen akan lebih memilih untuk menjual batubaranya ke luar negeri.

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: