Antam& Shenzhen Tidak Perpanjang Masa Penawaran Herald

Antam& Shenzhen Tidak Perpanjang Masa Penawaran Herald
[Berpotensi Dapatkan AusD 109.03 juta]

Tango Mining Pte Ltd, perusahaan patungan PT Antam Tbk dan Shenzhen Zhongjin Lingnan, memutuskan untuk tidak memperpanjang masa penawaran atas saham Herald.

Bimo Budi Satrio Sekretaris Perusahaan Antam (07/15) menjelaskan bahwa Tango tidak melanjutkan penawaran saham Herald yang berakhir Selasa (07/15) karena penawarannya senilai AusD 2.8 per saham sudah maksimal serta bila dilihat dari perhitungan ekonomi sudah tak bisa lebih tinggi lagi.

Dengan harga penawaran yang diberikan Calipso AusD 2.85 per saham, maka Tango diperkirakan akan mengantongi AusD 109.03 juta atau setara dengan Rp 966 miliar (asumsi AusD 8.860) dari penjualan Herald.

Menurut Bimo, selain itu Tango juga menerima tawaran dari Calipso Investment Pte Ltd untuk menjual sahamnya yang berjumlah 38.257.618 lembar seharga AusD 2.85 per lembar.

Keputusan ini merupakan anti klimaks dari perebutan saham perusahaan produsen seng dan timah hitam asal Australia, Herald Resources Ltd.

Padahal, selama enam bulan terakhir kedua perusahaan ini bersaing sengit untuk mendapatkan Herald. Semula Bumi mengajukan penawaran harga AusD 2.25, lalu Antam menawarkan AusD 2.5 pada akhir Januari 2008. dan setelah itu kedua belah pihak berlomba menaikkan harga dan terakhir pada 17 Juni 2008 Antam mengajukan harga AusD 2.8 tapi pada 2 Juli Bumi meningkatkan harga penawaran menjadi AusD 2.85 per saham.

Namun sejak pergantian manajemen pada 26 Juni 2008, Antam tidak menaikkan harga penawaran.

Menurut Bimo, Direksi Antam yang baru memiliki tugas untuk mengevaluasi seluruh peluang yang ada pada saat ini maupun di masa depan agar nilai pemegang saham bisa lebih maksimal.

Berdasarkan studi lanjutan dan pertimbangan terakhir, Antam dan Shenzhen sepakat bahwa harga penawaran senilai AusD 2.80 per saham untuk Herald merupakan harga maksimal yang dapat memberikan nilai maksimal bagi pemegang saham kedua perusahaan.

Selain itu, Direksi Antam juga ingin memfokuskan pada bisnis inti perusahaan yakni penambangan emas, nikel dan bauksit dan juga mengevaluasi kelayakan dan tingkat imbal hasil proyek-proyek yang ada.

Sedangkan mengenai status Tango, baik Antam maupun Shenzhen rencananya akan melikuidasi perusahaan patungan tersebut bila tidak ada proyek baru yang akan dikembangkan bersama.

Sementara di Australia, Terrence Allen Chairman Herald Resources dalam laporan tertulisnya kepada Otoritas Bursa Australia (ASX) menjelaskan pemegang saham Herald segera menerima penawaran Calipso. Sebab Calipso memberikan harga penawaran terbaik dan tertinggi sehingga tidak ada alasan untuk memperpanjang transaksi ini.

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: