Penjualan Produk Elektronik Semester 1-2008 sebesar Rp 8.81 T

Penjualan Produk Elektronik Semester 1-2008 sebesar Rp 8.81 T

Pasar produk Elektronik Indonesia pada Semester I-2008 sebesar Rp 8.81 triliun naik 24,1% dibanding periode yang sama tahun 2007 yang sebesar Rp 7.10 triliun.

Sekretaris Jenderal Electronic Marketer Club (EMC) Handojo (07/17) mengungkapkan penjualan produk elektronik tetap meningkat karena didorong oleh tumbuhnya daya beli konsumen di luar pulau Jawa seperti di Sumatra, Sulawesi dan Kalimantan yang mendapat keuntungan dari melonjaknya harga berbagai komoditas perkebunan dan pertambangan.

Sebelumnya penjualan produk elektronik di Pulau Jawa memberikan kontribusi sampai 70%, namun sejak tumbuhnya pasar luar Pulau Jawa maka kontribusi pasar Pulau Jawa naik menjadi 35%.

Selain itu, peningkatan penjualan juga disebabkan oleh aksi spekulasi kalangan pedagang seperti agen, distributor dan toko yang memborong produk elektronik rumah tangga (home appliance) seperti alat pendingin udara (AC), kulkas dan mesin cuci untuk stok gudang sebelum kenaikan harga jual sebesar 5%-10% pada bulan April-Juni agar mendapatkan keuntungan lebih besar.

Berdasarkan data EMC, sepanjang semester I-2008 penjualan televisi meningkat sebesar 31,8% dari 1.9 juta unit menjadi 2.5 juta unit dibandingkan periode yang sama tahun 2007.

Sedangkan total penjualan produk elektronik peralatan rumah tangga pada seperti VCD dan DVD player, lemari es, penyejuk ruangan (AC), mesin cuci dan pompa air meningkat 16% dari 5.3 juta unit menjadi 6.28 juta unit, namun produk audio mengalami pertumbuhan negatif sebesar 3%.

Untuk Semester II-2008, produsen elektronik nasional rencananya akan merevisi target penjualan dari 20% menjadi 18%, sebagai antisipasi kenaikan tarif listrik PLN yang akan menekan daya beli konsumen dan hal lainnya yang diperkirakan akan menekan daya beli konsumen ialah inflasi, rencana kenaikan tarif listrik untuk industri dan lonjakan harga bahan baku.

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: