Survei HSBC : UKM Indonesia akan Tingkatkan Investasi

Survei HSBC : UKM Indonesia akan Tingkatkan Investasi

Meskipun menghadapi tekanan dari situasi perekonomian global dan nasional, namun UKM Indonesia tahun ini berencana untuk meningkatkan investasinya.

Steven K Miller Head of Small and Medium Enterprise HSBC Indonesia (07/17) menjelaskan berdasarkan hasil survei HSBC Asia-Pacific Small Business Confidence Kuartal Kedua 2008, 38% UKM Indonesia yang menjadi responden, tetap optimis untuk mengembangkan usaha untuk enam bulan ke depan, karena mereka ingin bisnisnya berjalan dan oleh karena itu mereka harus tetap melakukan investasi untuk jangka panjang.

Sedangkan menanggapi situasi perlambatan ekonomi di Amerika Serikat yang sedang mengalami perlambatan, para responden menyikapinya dengan mencari alternatif pasar lain di wilayah Asia Pasifik.

Steven lebih lanjut mengungkapkan bahwa responden Indonesia mempunyai keyakinan bahwa ekonomi nasional akan terus tumbuh meski saat ini sedang menghadapi inflasi dan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Mengenai Tenaga kerja, 90% UKM Indonesia berencana untuk untuk menambah tenaga kerja atau setidaknya mempertahankan jumlah tenaga kerja yang ada saat ini, yang juga merupakan bagian dari strategi jangka panjang perusahaan untuk meningkatkan investasi.

Untuk perdagangan luar negeri, sebanyak 62% UKM Indonesia berharap perdagangan dunia terus tumbuh, sekitar 54% diantaranya berharap adanya pertumbuhan yang moderat dan 8% mengharapkan pertumbuhan diatas 20%.

Untuk Ekspor, 70% UKM Indonesia berharap perdagangan dengan China akan tumbuh dan 59% responden menginginkan pembukaan pasar baru dengan negara selain China.

Survei HSBC Asia-Pacific Small Business Confidence merupakan penelitian yang dilakukan HSBC bekerja sama dengan TNS, firma riset dan pemasaran global, terhadap 3000 UKM yang ada di 10 negara Asia yakni Bangladesh, China, Hong Kong, India, Indonesia, Korea Selatan, Malaysia, Singapura, Taiwan dan Vietnam.

Untuk Indonesia, UKM yang menjadi responden berjumlah 300 perusahaan dan hanya yang berlokasi di wilayah Jakarta dan sekitarnya, dengan kriteria omzet perusahaan kurang dari USD 10 juta atau setara dengan Rp 92 miliar.

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: