PLN Naikan Tarif Listrik untuk Golongan Industri Tertentu

PLN Naikan Tarif Listrik untuk Golongan Industri Tertentu

Perusahaan Listrik Negara (PLN) rencananya akan menaikan tarif listrik untuk industri golongan tertentu.

Al Hilal Hamdi Komisaris Utama PLN (07/21) mengungkapkan kenaikan tarif listrik hanya diberlakukan bagi pelanggan industri mulai golongan tiga (I3) dengan daya diatas 200 kVa dan bisnis mulai golongan tiga (B3) ke atas dengan batas daya diatas 200 kVA.

Menurut Al Hilal jumlah perusahaan yang masuk dalam golongan industri yang terkena ketentuan kenaikan tarif listrik berjumlah 8.000 pelanggan, jumlahnya kecil bila dibandingkan dengan jumlah total pelanggan industri yang sebanyak 3 juta.

Sejak terjadinya krisis energi pada awal Juli 2008, PLN berencana akan menaikan tarif industri yang saat ini masih Rp 600 per kWh hingga ke harga keekonomian atau sesuai dengan biaya produksi yang sebesar Rp 1.300 per kWh.

Terkait dengan rencana kenaikan tarif listrik untuk beberapa golongan industri, PLN saat ini sedang mengadakan pembahasan dengan pihak pengusaha yang diwakili oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) dan rencananya formula kenaikan tarif listrik akan berpatokan pada harga bahan bakar minyak (BBM) dan batubara.

Menanggapi rencana PLN untuk menaikan tarif listrik golongan industri tertentu sampai Rp 1.300 per kWh, MS Hidayat Ketua Kadin (07/22) meminta kenaikan tarif listrik untuk industri tidak melebihi 50% dan hanya diberlakukan untuk industri besar.

Namun Industri besar juga meminta bila tarif dinaikan maka harus ada jaminan suplai listrik lancar.

Sedangkan industri kecil dari awal telah menyatakan tidak mampu membiayai kenaikan tarif.

Rencananya PLN dan Industri akan kembali melakukan pembahasan kenaikan tarif minggu depan.

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: