Survei Biaya Hidup 2008 Mercer : Jakarta Turun ke Posisi 82

Korean Culinary Journey
Dari 14 Juli sampai 10 Agustus 2008
di Java Restaurant
Intercontinental Midplaza Hotel Jakarta

————————

Survei Biaya Hidup tahunan yang dilakukan Mercer untuk tahun 2008 menempatkan Indonesia pada posisi 82 atau turun 27 peringkat dari posisi 55 pada tahun 2007.

Namun penurunan peringkat juga dialami negara lain di kawasan Asia Timur seperti Bangkok yang turun dari peringkat 95 ke 105, Hanoi dari peringkat 56 ke 91 dan Ho Chi Minh dari peringkat 60 ke 100.

Majalah Forbes dalam artikelnya memberikan komentar bahwa menurunnya peringkat kota di Asia dalam Survei tahun 2008 disebabkan oleh kebijakan pemerintah yang menurunkan subsidi bahan bakar dan tidak lagi menjaga biaya sumber daya (resource cost) tetap rendah seperti sebelumnya.

Sedangkan Tokyo, untuk Survei tahun 2008 berada pada posisi 2 atau peringkat 1 kota termahal di Asia Timur dan selanjutnya diikuti Seoul, Hong Kong, Singapura dan Beijing.

Sementara Manila, peringkat 110 dan Bandar Seri Begawan, peringkat 114, menjadi kota di Asia Timur dengan biaya hidup rendah.

Yvonne Traber, Manajer Riset Mercer (07/24) mengungkapkan dalam pres rilis bahwa untuk 2008, Moscow menduduki peringkat 1 kota termahal di dunia.

Sedangkan Ascunsion di Paraguay menempati peringkat paling bawah dari Survei Biaya Hidup Mercer tahun 2008 dan merupakan kota dengan biaya hidup paling murah di dunia.

Menurut Yvonne meskipun secara tradisi kota-kota mahal di Asia dan Eropa Barat tetap ada dalam 20 besar, namun kota-kota di Eropa Timur, Brazil dan India mulai menanjak.

Sebaliknya, beberapa kota seperti Stockholm dan New York saat ini biaya hidupnya lebih rendah.

Yvonne menambahkan melalui survei ini Mercer telah mengkonfirmasi tren global kenaikan harga untuk makanan dan bahan bakar tertentu meskipun kenaikan tidak konsisten di semua lokasi. Ini sebagian diseimbangkan oleh menurunnya harga komoditas tertentu seperti barang elektronik dan listrik yang diimpor dari negara berkembang khususnya China.

Survei Mercer dilakukan pada Bulan Maret 2008 meliputi 143 kota di enam benua dan mengukur perbandingan biaya atas 200 barang untuk tiap lokasi termasuk perumahan, transportasi, makanan, pakaian, peralatan rumah tangga dan hiburan. Pilihan kota yang di survei didasarkan pada kebutuhan data terkait dari perusahaan dan organisasi pemerintah.

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

One Response to Survei Biaya Hidup 2008 Mercer : Jakarta Turun ke Posisi 82

  1. j3fk4 says:

    bisa tau gak itu jakarta sekarang berapa point dibanding ama new york yang ratingnya 100?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: