Berlibur sambil belajar mengenai Peran Media di Indonesia

Berlibur sambil belajar mengenai Peran Media di Indonesia
16th ISAFIS Student Exchange Program
Exquisite Indonesia through the lens of mass media

Setelah Suharto turun dari jabatan Presiden di tahun 1998, Industri media massa di Indonesia, baik media cetak dan elektronik, berkembang dengan pesat, namun jenis media yang paling diminati adalah televisi karena efisien dan efektif untuk menjangkau penduduk Indonesia yang tersebar di ribuan pulau.

Zaki Yamani Presiden ISAFIS (08/02) mengungkapkan untuk tahun 2008, 16th International Student Exchange Program mengangkat tema memahami Indonesia melalui lensa media massa dan diharapkan melalui program ini, para peserta dapat memahami industri media di Indonesia dan penggunaan media, khususnya televisi sebagai media yang efektif untuk mempromosikan dan melestarikan budaya Indonesia yang sangat majemuk.

Lebih lanjut, Zaki menjelaskan dalam program ini para peserta akan diajak berkunjung ke beberapa stasiun TV baik dengan cakupan nasional maupun lokal seperti Trans TV, Yogya TV dan Bali TV. sehingga mereka bisa secara langsung berdialog dengan pihak Manajemen TV untuk mengetahui konsep dan strategi masing-masing TV dalam mengelola bisnis dan program acaranya.

Program dimulai sejak tanggal 2 sampai 16 Agustus dan berlangsung di 3 kota yakni Jakarta, Yogyakarta dan Bali, dengan peserta sebanyak 17 orang yang terdiri dari 11 orang wanita dan 6 orang pria yang berasal dari 6 negara yakni Austria, Belanda, China, Estonia, Jepang dan Spanyol.

Selama 14 hari, para peserta akan mengikuti berbagai kegiatan antara lain melakukan kunjungan dan diskusi dengan Sapta Nirwandar direktur jenderal Pemasaran Departemen Kebudayaan dan Pariwisata.

Peserta juga akan melakukan kunjungan ke tempat wisata seperti Monumen Nasional, Keraton Yogyakarta, Borobudur, Prambanan, Tanah Lot, Uluwatu, dan desa tradisional seperti Kamasan, terkenal sebagai desa pelukis dan Panglipuran, desa adat yang mengkombinasikan wisata alam dengan budaya.

Selama tiga hari pertama di Jakarta, para peserta tinggal di rumah 12 Host Family, sebagian besar berlokasi di Jakarta Selatan, yang bertujuan agar para peserta bisa belajar budaya Indonesia melalui keterlibatan mereka dalam kegiatan harian di tempat tinggal para host family.

Mengenai harapan terhadap program ini, Blanca Tramoyeres (23) dari Universitas ESADE Spanyol menjelaskan ini perjalanan pertamanya ke Asia dan ingin tahu lebih banyak mengenai budaya tradisional Indonesia.

Wang Tao (20) dari Universitas Peking China menjelaskan meskipun saat ini sedang ada olimpiade di Beijing tapi lebih menyukai ikut program ini karena ini merupakan peluang untuk memahami Indonesia secara langsung.

Iwasaki Ai (18) dari Universitas Kansai Jepang mengungkapkan melalui keikutsertaan dalam program ini saya bisa memahami adat di Indonesia karena di era globalisasi sekarang ini sangat penting untuk saling memahami.

ISAFIS adalah asosiasi mahasiswa yang berdiri sejak tahun 1984 dengan fokus pada pengkajian masalah Internasional, sejak pendiriannya ISAFIS telah menjadi mitra bagi berbagai kementrian antara lain Departemen Luar Negeri dan Departemen Pendidikan Nasional.

Sedangkan ISAFIS International Student Exchange Program merupakan program rutin tahunan yang biasanya diselenggarakan pada bulan Agustus dengan tema yang berbeda, tujuan umum dari kegiatan ini ialah memperkenalkan aspek sosial, budaya, politik dan kehidupan Masyarakat Indonesia kepada para mahasiswa asing.

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: