Indeks Batubara Indonesia ke-4 diumumkan

Setelah sempat tertunda, akhirnya pada Senin (08/04) Indeks Batubara Indonesia (ICI) ke-4 untuk patokan harga batubara berkalori rendah diumumkan dengan harga berkisar USD40-USD50 per ton.

Maydin Sipayung Managing Director PT Coalindo Energy, pengelola ICI (08/04) mengungkapkan penetapan kisaran harga ICI-4 yang sebesar USD40-USD50 per ton merupakan hasil kombinasi harga antara masukan dari anggota panel ICI-4 yang anggotanya ialah para produsen dan trader, yang sebesar USD30-USD65 per ton dengan harga referensi dari Argus Media, badan pelaporan harga dan berita energi independen global.

Menurut Maydin, patokan harga ICI-4 telah mewakili pemain pasar domestik, karena 7 dari 10 anggota panel berasal dari Indonesia. sehingga bisa dikatakan lebih mencerminkan harga pasar dalam negeri walaupun nantinya harga ICI-4 juga akan dipengaruhi oleh harga ICI-1, ICI-2 dan ICI-3.

Lebih lanjut, Maydin menjelaskan proses pembentukan harga ICI-4 dimulai dari pengumpulan persepsi harga dari para anggota panel yang berjumlah 25 orang, lalu dari hasil persepsi harga yang ada 10 persen harga terendah dan 10 persen harga tertinggi di hilangkan dan hasilnya lalu di serahkan ke Argus Media London.

Selanjutnya Argus Media, melalui perwakilannya di Singapura, mengumpulkan data mengenai harga batubara riil produksi Indonesia, kemudian menyerahkan informasinya ke Argus Media London.

Dan tahap selanjutnya, Argus Media London mengkombinasikan 50 persen persepsi harga dari anggota panelis ICI-4 dengan data yang dikumpulkan Argus Media Singapura yang pada akhirnya menjadi patokan harga ICI-4.

Anggota Panel ICI-4

Produsen
PT Kasih Industri Indonesia
PT Tambang Bukit Asam
PT Arutmin Indonesia
PT Kaltim Prima Coal
PT Titan Mining Energy
PT Padang Bara Sukses Makmur
PT Titan Wijaya
PT Stencoal Nusantara
PT Adaro Enrgy Tbk
PT Indotambang Raya Megah

Konsumen
PT Merak Energy Indonesia
PT PLN (Persero)
PT Indonesia Power
PT Pembangkitan Jawa Bali
Tanjung Jati B
DH Power

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: