Jepang Peringati 63 tahun Pengeboman Hiroshima

Pada peringatan 63 tahun jatuhnya bom atom di Hiroshima pada hari rabu (08/06), Walikota Akiba Tadatoshi mengharapkan presiden Amerika Serikat yang baru akan mendukung penghapusan senjata nuklir dan memberikan prioritas utama pada kelangsungan hidup manusia.

Peringatan jatuhnya Bom Atom yang ke-63 tahun diselenggarakan di Taman Peringatan Perdamaian dan dihadiri oleh 45 ribu orang, termasuk para korban bom atom yang selamat (hibaku-sha) serta para keluarga korban dan pejabat tinggi pemerintahan.

Tahun ini, pertama kalinya rata-rata usia korban yang selamat melewati 75 tahun, dan jumlahnya yang masih hidup diseluruh Jepang turun menjadi 243.692 orang.

Pada hari rabu, nama 5.302 hibaku-sha yang meninggal dalam beberapa tahun terakhir ditambahkan pada monumen untuk memperingati korban bom atom, saat ini jumlah total yang telah meninggal sebanyak 258.310 orang.

Saat Bel perdamaian di bunyikan, bersamaan dengan saat Bom Atom yang dijuluki “Little Boy” di jatuhkan pada tanggal 6 Agustus 1945, para hadirin di Taman Peringatan Perdamaian menundukan kepalanya selama satu menit untuk mengheningkan cipta.

Perwakilan dari 55 negara juga turut hadir dalam peringatan tersebut termasuk juga dari China, yang mengirimkan delegasinya untuk pertama kali.

Fukuda Yasuo, yang menghadiri peringatan ini pertama kalinya sejak menjabat posisi Perdana Menteri menjanjikan akan terus melanjutkan tiga prinsip non nuklir dan akan berada pada barisan paling depan komunitas internasional untuk menghapuskan senjata nuklir dan merealisasikan perdamaian abadi.

Dalam Pesan Perdamaiannya, Walikota Akiba juga meminta pemerintah pusat Jepang untuk meningkatkan kepeduliannya terhadap pasien korban Bom Atom. Karena efek bom atom tetap ada dalam pikiran dan tubuh hibaku-sha (korban bom atom yang selamat) yang selama bertahun-tahun telah diremehkan, sehingga boleh dikatakan gambar kerusakan yang seutuhnya belum terlihat.

Akiba dalam pernyataannya juga merujuk pada politik negara super power nuklir dan menyampaikan harapannya agar presiden Amerika Serikat yang terpilih nantinya akan mendukung penghapusan nuklir.

Bahkan para pimpinan AS yang sebelumnya menciptakan dan melaksanakan kebijakan nuklir saat ini terus mendengungkan perlunya dunia tanpa senjata nuklir.

Pernyataan Akiba disampaikan terkait dengan proposal penghapusan nuklir terkini yang disampaikan oleh mantan Menteri Luar Negeri Henry Kissinger dan mantan pimpinan politik AS lainnya.

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: