Gedung Pemerintah Wajib Hemat Energi dan Air

Gedung pemerintah di Indonesia, baik milik pemerintah pusat maupun daerah, diwajibkan untuk menghemat pemakaian bahan bakar minyak (BBM), listrik dan air.

Presiden Yudhoyono (08/10) mengungkapkan instruksi penghematan energi ini ditargetkan akan menurunkan penggunaan energi digedung pemerintah sebesar 30 persen.

Menurut Yudhoyono upaya penghematan energi merupakan strategi pemerintah untuk mengurangi beban subsidi pada APBN.

Selain masalah energi, hal lain yang perlu mendapat perhatian ialah ketersediaan air bersih dan air minum karena selama ini, Indonesia memiliki banyak sumber air tapi boros dalam penggunaan.

Lebih lanjut, Presiden Yudhoyono menjelaskan kalau secara nasional penggunaan energi dan air bisa dihemat sebesar 20-30 persen maka diperkirakan jumlah subsidi APBN yang bisa dikurangi sebesar Rp 45-70 triliun.

Presiden Yudhoyono memberikan contoh gedung Sekretariat Negara untuk tagihan Bulan Mei, Juni dan Juli mampu menghemat penggunaan listrik dan air sebesar 31,7 persen.

Sebagai tambahan, Direktur Utama PLN Fahmi Mochtar menjelaskan pemerintah pada bulan Juli sudah melakukan percobaan hemat listrik pada gedung milik pemerintah yang berada disekitar Monas.

Dengan adanya program ini dampak langsungnya yang bisa dilihat ialah penurunan konsumsi listrik sebesar 200 MW pada sistem Jawa-Bali.

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: