Anggaran Interkoneksi Listrik Pulau Sumatra-Semenanjung Malaysia USD 800 juta

PT PLN dan Tenaga Nasional Berhad (TNB) berencana membangun jaringan listrik interkoneksi dengan anggaran USD 800 juta atau setara dengan Rp 7 triliun yang menghubungkan Pulau Sumatra dengan Semenanjung Malaysia.

Nantinya kapasitas tegangan dari jaringan interkoneksi ini sebesar 150 kilovolt  dengan panjang jaringan transmisi diperkirakan 1.200 kilometer.

Fahmi Mochtar Direktur Utama PLN (08/10) mengungkapkan bila kerjasama bisa terealisasi maka masalah kekurangan listrik di Pulau Sumatra dapat teratasi karena dengan adanya interkoneksi maka pengiriman listrik dari Indonesia ke Malaysia atau sebaliknya bisa dilakukan.

Kerja sama ini merupakan salah satu upaya PLN untuk menghemat anggaran pembangunan pembangkit baru, selain itu saat ini sistem kelistrikan wilayah lain di Indonesia juga sedang mengalami defisit sehingga tidak memungkinkan untuk memasok listrik ke Pulau Sumatra.

Lebih lanjut, Fahmi menambahkan hal lain yang memungkinkan pelaksanaan kerjasama ini ialah adanya perbedaan waktu beban puncak, Pulau Sumatra, pada malam hari antara pukul 17.00-21.00 dan Semenanjung Malaysia, pada siang hari.

Untuk teknis pelaksanaan kerjasamanya, Fahmi mencontohkan pada siang hari dari Pulau Sumatra dapat dapat mengirimkan listrik ke Semenanjung Malaysia dan pada malam hari giliran Semenanjung Malaysia yang memberikan pasokan tambahan ke Pulau Sumatra.

Proyek interkoneksi Pulau Sumatra dan Semenanjung Malaysia merupakan rekomendasi dari kajian yang dilakukan Asean Center for Energy (ACE) pada tahun 2004.

Pada awal 2007, sebagai tindak lanjut dari rekomendasi ACE , dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara PLN dan TNB dan diteruskan dengan pelaksanaan studi kelayakan.

Menurut Fahmi, dalam kerjasama ini PLN dan TNB tidak akan membentuk perusahaan patungan karena bukan suatu bisnis khusus tapi hanya melakukan kerjasama transfer listrik yang umum.

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: