REIT Diharapkan Terbit Akhir 2008

Penerbitan Dana Investasi Real Estat (REIT)  di Bursa Indonesia yang berbentuk Kontrak Investasi Kolektif diharapkan terbit paling lambat pada akhir tahun 2008.

Djoko Hendratto Kepala Biro Pengelolaan Investasi Bapepam-LK Senin (08/11) mengungkapkan selama ini penerbitan REIT agak tertunda karena isu pengenaan pajak ganda meski aturannya telah terbit sejak Desember 2007.

Menurut Djoko, saat ini beberapa Manajer Investasi (MI) sudah mengajukan rencana untuk penerbitan REIT di pasar modal domestik.

Selain itu, dua perusahaan properti sudah mengajukan rencana untuk mencari dana dengan menerbitkan REIT yakni PT Ciputra Development Tbk dan PT Lippo Karawaci Tbk.

Namun karena kekhawatiran terkait pengenaan pajak ganda, Lippo telah lebih dulu menerbitkan REIT di Singapura pada akhir tahun 2007.

Pada awalnya pajak ganda rencananya akan dikenakan pada tingkat perusahaan dan saat menyalurkan dividen, namun pengenaan pajak ganda tidak jadi diberlakukan karena menghambat perkembangan REIT. 

Sementara Fuad Rahmany Kepala Bapepam-LK menambahkan bahwa penerbitan REIT diharapkan dapat meningkatkan likuiditas pasar modal Indonesia.

Penerbitan produk REIT di Indonesia, potensinya masih sangat besar, karena di bursa untuk sektor properti jumlah perusahaan yang terdaftar hanya sekitar 10 persen dari seluruh emiten yang ada.

Selain itu, melalui REIT pasar properti dapat memperluas potensi pengumpulan dana dari pemodal dan bagi para pengembang, mereka dapat membuat asetnya menjadi lebih likuid.

Sedangkan dari sisi pemodal, khususnya pemodal kecil, mereka dapat ikut serta dengan menempatkan dana relatif kecil atas sebuah aset properti.

Instrumen REIT di Indonesia terbagi dalam tiga jenis, pertama REIT saham, yang sebagian besar dananya ditanamkan ke saham perusahaan yang mengelola gedung perkantoran, kawasan industri, perumahan dan apartemen.

Kedua, REIT mortgage yang sebagian besar dananya diinvestasikan pada hipotik yang dijaminkan oleh perusahaan real estat dan yang terakhir REIT hibrid, yang menanamkan investasinya pada hipotik dan saham serta memberikan pinjaman kepada pemilik aset.

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

One Response to REIT Diharapkan Terbit Akhir 2008

  1. yon riezky mengatakan:

    REIT secara prinsip merupakan wadah untuk mengumpulkan dana masyarakat yang kemudian diinvestasikan dalam bentuk aset property, maupun aset lain yang berkaitan dengan property (efek perusahaan property) sebagaimana diatur dalam Peraturan Bapepam&LK No. IX.M.1.

    penerbitan REIT dilakukan oleh MI baik melalui Penawaran Umum maupun tidak. apabila melalui Penawaran Umum maka REIT tersebut dapat dicatatkan dan diperdagangkan di BEI.

    MI menerbitkan Unit Penyertaan yang kemudian ditawarkan kepada investor dengan pembagian 90% dividen kepada Pemegang Unit Penyertaan.

    hal ini sangat menarik, karena pembagian Dividen 90% ini adalah wajib sehingga pemegang Unit Penyertaan mendapat kepastian hukum akan investasinya.

    terkait dengan Pajak, menurut saya terlalu dini bagi DJP untuk menetapkan pajak pada pembagian Dividen REIT. hal ini akan menimbulkan animo negatif bagi MI maupun Investor. oleh karena itu hendaknya Pemerintah menunda atau bahkan meniadakan Pajak ini sehingga produk ini mennjadi lebih menarik bagi investor yang pada akhirnya akan menambah likuiditas aset property di indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: