Pemerintah Jepang Sampaikan Ringkasan Paket Stimulus ke Publik

Pemerintah Jepang Senin (08/11) menyampaikan ringkasan paket stimulus untuk membantu ekonomi keluar dari kecenderungan penurunan ditengah naiknya harga minyak mentah dan perlambatan ekonomi global yang disebabkan oleh krisis subprime di Amerika Serikat.

Tapi pembukaan itu tidak memasukkan jumlah anggaran yang disediakan pemerintah dan dari mana sumber pendanaannya-poin penting dalam paket tersebut-, yang rencananya akan diumumkan pada akhir bulan.

Perdana Menteri Fukuda Yasuo mengungkapkan pada saat pembukaan rapat antara kabinet dan pimpinan partai yang berkuasa bahwa misi dari kabinet ini ialah untuk mengambil keputusan yang cepat untuk menghilangkan kecemasan dan kepedihan masyarakat.

Menurut pemerintah, paket ekonomi akan difokuskan untuk mengurangi kecemasan publik terhadap inflasi dan kebijakan yang sedang dipertimbangkan ialah mengupayakan bantuan bagi pekerja temporer, mendanai sekolah supaya tahan gempa bumi, dan memperkuat keamanan makanan serta upaya untuk membantu pengusaha beradaptasi dengan kenaikan harga minyak mentah dan berbagai barang lainnya.

Bantuan keuangan untuk mendorong penggunaan teknologi yang hemat energi dan mempromosikan hemat energi serta perumahan yang ramah lingkungan juga merupakan tindakan penting dalam paket.

Kaoru Yosano Menteri Kebijakan Keuangan dan Ekonomi menjelaskan pemerintah akan mengejar dua tujuan untuk mendorong ekonomi dan pada saat yang bersamaan memperketat anggaran belanja untuk mengurangi hutang pemerintah.

Meskipun ada kritikan dari Aso Taro, Sekretaris Jenderal LDP, untuk mengeyampingkan target pemerintah untuk mendapatkan surplus anggaran pada tahun anggaran 2011, Yosano menyatakan pemerintah akan tetap melakukan pada dua tujuan yang telah ditetapkan.

Namun, banyak pengamat ekonomi yang bersikap skeptis terhadap paket stimulus untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

Haji Koichi, economist pada NLI Research Institute, menyatakan berbagai langkah yang telah diambil pemerintah lebih ditujukan untuk memecahkan masalah struktural seperti menurunkan inflasi, upaya penyelesaian sistem pensiun publik dan meningkatnya harga energi daripada untuk upaya jangka pendek dan semuanya tidak mempunyai dampak yang segera terhadap ekonomi.

Lebih lanjut, Haji mengungkapkan pemerintah yang saat ini dibebani berbagai defisit anggaran, tidak bisa menggunakan sebagian besar pembelanjaan fiskal untuk proyek pekerjaan umum, seperti yang biasa dilakukan pada tahun 1990 dan juga memiliki sedikit cara untuk mengefisienkan ekonomi

Haji menambahkan, bagaimanapun kondisinya pemerintah tetap harus mengumumkan upaya perbaikan ekonomi atau Perdana Menteri Fukuda akan dikritik karena tidak mempunyai kebijakan dan itu akan berdampak buruk pada langkah yang akan diambil selanjutnya, bila dia tetap ingin memperketat kebijakan anggaran.

Minggu lalu, LDP dan Partai Komeito Baru secara terpisah telah menyusun tindakan untuk menstimulasi ekonomi, yang menurut sebagian ahli ekonomi sudah memasuki resesi.

LDP mengusulkan pemerintah untuk menawarkan bantuan keuangan kepada industri seperti pertanian, konstruksi dan truk yang telah mengalami tantangan berat sebagai akibat kenaikan harga minyak mentah, selain itu juga diusulkan untuk mengurangi tarif jalan tol.

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: