Di Jepang, Eksodus untuk Merayakan Festival Obon Meningkat

Pulang Kampung tahunan tidak hanya terjadi di Indonesia, Di Jepang setiap pertengahan bulan Agustus, ritual pulang kampung juga terjadi untuk merayakan Obon (Festival untuk memperingati orang yang sudah meninggal).

Pada Rabu (08/13), ribuan orang sudah memadati berbagai moda transportasi untuk menuju kampung halaman mereka.

Banyak keluarga yang memanggul tas memenuhi kereta peluru (shinkansen) dan pesawat terbang, mereka lebih memilih meninggalkan kendaraannya di rumah yang disebabkan oleh mahalnya harga bahan bakar minyak.

Untuk tahun ini, Jalan Tol masih menjadi pilihan utama sehingga mengakibatkan kemacetan yang cukup parah, contohnya di Jalan Tol Tohoku yang mengakibatkan kemacetan sepanjang 55 km yang dimulai dari Prefektur Tochigi.

Sedangkan di Jalan Tol Tomei, meskipun jalurnya padat namun hanya ditemukan sedikit antrian ketika mengisi bensin pada pompa bensin di servis area.

Furuta Shoji, 59, manajer pompa bensin menyatakan banyak orang yang tidak menggunakan kendaraan pribadi karena harga bensin sangat mahal.

Banyaknya orang yang meninggalkan mobilnya di rumah mengakibatkan kenaikan jumlah penumpang pada moda transportasi kereta.

Menurut data yang dikeluarkan 6 anak perusahaan JR (Kereta Api Jepang/Japan Railway), reservasi untuk kereta ekspress dan shinkansen selama liburan musim panas dan Obon meningkat 4 persen dibanding tahun 2007.

Menurut Perusahaan Kereta Api dan Maskapai penerbangan, reservasi kursi untuk Tokaido Shinkansen yang berangkat dari Tokyo ada hari Rabu hampir habis terjual. Sedangkan penerbangan domestik dari Bandara Haneda juga sudah penuh.

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: