Fukuda Yasuo, Perdana Menteri Jepang Mengundurkan Diri

Fukuda Yasuo (72 tahun), Perdana Menteri Jepang Senin malam (09/01) mengumumkan pengunduran dirinya setelah berkuasa selama 11 bulan yang ditandai dengan hambatan politik, jatuhnya rating dan kekacauan internal LDP.

Fukuda Yasuo mengungkapkan dalam pengumuman pengunduran dirinya bahwa ini saat yang tepat untuk menyerahkan kekuasaan ke pemimpin baru.

Fukuda mengakui secara terbuka dirinya kurang kharismatik dan mengharapkan dapat meningkatkan dukungan publik terhadap LDP.

Fukuda Yasuo, politisi moderat yang menginginkan hubungan yang lebih baik dengan China dan memenangkan paket stimulus ekonomi, telah meminta untuk segera dilaksanakannya pemilihan internal LDP untuk memilih penggantinya.

Aso Taro, mantan menteri Luar Negeri yang memiliki kharisma dan berpandangan konservatif, dianggap sebagai kandidat utama pengganti Fukuda.

Masa kepemimpinan Fukuda sebagai perdana menteri yang hanya 11 bulan merupakan yang tersingkat dalam sejarah Jepang sejak tahun 1994.

Fukuda merupakan perdana menteri kedua yang mengundurkan diri sejak LDP (Partai Demokrat Liberal) kehilangan kontrol atas Majelis Tinggi Parlemen Jepang pada Juli 2007.

Pendahulu Fukuda, Abe Shinzo juga mengundurkan diri secara tiba-tiba setelah 12 bulan berkuasa pada tahun 2007.

Ketidak mampuan partai yang berkuasa untuk bekerja sama dengan oposisi atau memenangkan dukungan penuh dalam isu pajak jalan dan meningkatkan biaya perawatan kesehatan untuk warga senior menunjukan LDP harus bekerja keras untuk memelihara cengkraman kekuasaannya di panggung nasional.

Berdasarkan Survei Telepon yang dilakukan oleh Harian Ekonomi Nikkei pada 1.549 rumah tangga dan mendapatkan 866 respon, pada Bulan Agustus 2008, popularitas Fukuda turun hampir setengahnya dibanding pada saat pertama kali memegang kekuasaan pada September 2007, dukungan publik untuk kabinetnya juga turun 9 point menjadi 29 persen dibanding awal Agustus.

Fukuda menggantikan Abe, setelah tingkat popularitas Abe jatuh dibawah 30 persen.

Fukuda, perdana menteri pertama yang ayahnya juga perdana menteri, mengalahkan mantan Menteri Luar negeri Aso Taro pada saat pemilihan internal LDP.

Fukuda pernah menjabat sebagai sekretaris kabinet pada masa kepemimpinan Perdana Menteri Koizumi dan Mori.

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

One Response to Fukuda Yasuo, Perdana Menteri Jepang Mengundurkan Diri

  1. heri rusdi says:

    Arah baru perpolitikan Jepang dimulai
    adakah regulasi dan kerjasama pemerintahan baru akan menguntungkan Indonesia ?Kita tunggu saja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: