Indonesia Keluar dari OPEC

Dalam Rapat Konferensi OPEC ke 149 pada 10 September 2008 di Wina Austria, telah disepakati penghentian sementara keanggotaan penuh Indonesia.

Dalam Keterangan pers yang dikeluarkan setelah rapat diungkapkan bahwa OPEC dengan berat hati menerima keinginan Indonesia untuk menghentikan sementara keanggotaan penuhnya dan mengharapkan Indonesia akan kembali bergabung dengan OPEC dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Menanggapi pernyataan resmi yang dikeluarkan OPEC, Menteri Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM) menyatakan Indonesia akan bergabung kembali jika produksi minyaknya meningkat dan mencapai level yang memberi status net eksportir.

Indonesia yang merupakan anggota terkecil, dari segi jumlah produksi dan satu-satunya dari wilayah Asia Timur, sejak bulan Mei 2008 telah menyatakan niat untuk menarik keanggotaannya dari OPEC, karena sejak 2004 Indonesia telah menjadi importir minyak netto.

Indonesia bergabung dengan OPEC pada tahun 1961, Namun dalam beberapa tahun terakhir, produksi Indonesia terus turun dan pada tahun 2009 diperkirakan jumlah produksinya sebesar 960.000 barel per hari atau turun 1,8 persen dibanding target 2008 yang sebesar 977.000 barel per hari.

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: