Meski Ada Perbaikan, Peringkat Indonesia dalam Doing Business 2009 Report Turun

Meskipun dinilai berhasil melakukan sejumlah perbaikan iklim usaha namun peringkat Indonesia dalam Doing Business 2009 report turun menjadi 129 dari 127 pada tahun sebelumnya.

Adam Sack Country Manager International Finance Corporation (IFC) Indonesia mengungkapkan reformasi kebijakan terkait investasi yang dilakukan pemerintah Indonesia masih lambat dibandingkan negara tetangga dan untuk itu pemerintah harus mempercepat reformasi iklim investasi untuk mempertahankan tingkat pertumbuhan, menciptakan lapangan kerja baru dan menghapuskan kemiskinan.

Peringkat negara di kawasan Asia Tenggara berdasarkan Doing Business 2009 Report, Singapura menempati peringkat 1 dengan reformasi pada Memulai Bisnis dan Perijinan kosntruksi. Thailand peringkat 13 dengan area reformasi pendaftaran properti, perlindungan investor, pembayaran pajak dan perdagangan lintas batas.

Sedangkan Malaysia peringkat 20 dengan area reformasi memulai bisnis dan pembayaran pajak dan Vietnam peringkat 92 dengan area reformasi pada proses mendapatkan kredit.
Fararatri Widyadari Operation analyst Business Enabling environment advisory services in Indonesia mengungkapkan hal yang perlu diperhatikan dan perlu diperbaiki antara lain mengenai persyaratan awal modal disetor minimum yang meningkat dari Rp 5 juta menjadi Rp 12.5 juta, sebagaimana yang tercantum dalam UU no 40/2007 tentang Perseroan Terbatas.

Sedangkan perbaikan yang telah dilakukan oleh pemerintah Indonesia antara lain penyederhanaan prosedur, waktu dan biaya untuk memulai kegiatan usaha dari 12 prosedur menjadi hanya 11 prosedur dan untuk waktu pembuatan yang membutuhkan 97 hari dari sebelumnya yang memakan waktu 105 hari.

Penyederhanaan jumlah prosedur merupakan dampak dihilangkannya persyaratan pengajuan pengesahan pendirian PT, yang tidak lagi memerlukan pembukaan rekening bank.

Selain itu, dalam prosedur pengesahan tidak lagi mensyaratkan persetujuan kanwil depkupham dan surat keterangan domisili.

Doing Business 2009 report merupakan survei tahunan terhadap 181 negara yang dilakukan IFC sejak tahun 2004, yang menilai 10 topik terkait dengan kebijakan usaha antara lain waktu dan biaya yang dibutuhkan oleh perusahaan lokal untuk memenuhi persyaratan pembukaan dan menjalankan usaha, melakukan perdagangan antar negara, membayar pajak dan penutupan usaha.

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: