Garuda Indonesia kembali Operasikan Citilink Dengan Konsep Penerbangan Berbiaya Rendah

PT Garuda Indonesia mulai 1 September 2008 kembali mengoperasikan Citilink dengan konsep maskapai penerbangan berbiaya rendah (Low cost carrier), melayani 16 rute di 7 kota tujuan dan berkantor pusat di Surabaya.

Emirsyah Satar Presiden Direktur PT Garuda Indonesia dalam acara peresmian penerbangan kembali Citilink di Surabaya pada 1 September 2008 mengungkapkan kombinasi penggarapan pasar yang dilaksanakan Garuda Indonesia dan Citilink diharapkan mampu menggarap pasar bisnis penerbangan yang semakin kompleks.

Untuk selanjutnya, Garuda akan fokus sebagai full service airlines sedangkan Citilink akan menggarap pasar low cost carrier, pembagian segmen ini merupakan strategi untuk menghadapi pertumbuhan dan persaingan dalam bisnis penerbangan domestik.

Emirsyah menambahkan Citilink diharapkan memberi kontribusi sebesar 25 sampai 30 persen bagi pendapatan keseluruhan Garuda.

Berdasarkan data BPS mengenai pertumbuhan arus penumpang udara di Indonesia selama semester I/2008 sebesar 15.85 juta orang atau meningkat dibanding periode yang sama pada tahun 2007 yang sebesar 13.68 juta orang.

Pada 2012, jumlah penumpang penerbangan domestik diproyeksikan mencapai 90 juta orang per tahun.

Namun kemampuan Garuda untuk merespon permintaan yang tiap tahun semakin tinggi belum seluruhnya dapat terpenuhi.

PT Garuda Indonesia untuk tahap awal pengoperasian Citilink pada 2008, mengalokasikan anggaran sebesar Rp 100 milyar dan menggunakan lima pesawat Boeing 737-300 dan selanjutnya secara bertahap dalam lima tahun akan ada penambahan sebanyak 25 pesawat.

Pujobroto Vice President Corporate Secretary PT Garuda Indonesia menjelaskan Garuda menghentikan sementara operasi Citilink pada 15 Januari 2008 dalam rangka proses penataan berbagai aspek perusahaan baik manajemen maupun operasional.

Menurut Pujobroto, Citilink rencananya akan diproyeksikan menjadi anak perusahaan Garuda dan akan mengelola sumber dayanya secara mandiri, baik pesawat, SDM, pemasaran produk termasuk aspek keuangan.

Ke-16 rute yang akan dilayani Citilink adalah Surabaya-Ampenan (GA-090 ), Ampenan Surabaya (GA-091) , Surabaya Batam (GA-030), Batam Surabaya (GA-031), Surabaya Banjarmasin (GA-050), Banjarmasin Surabaya (GA-051).

Rute lainnya ialah Surabaya-Jakarta (GA-010), Jakarta Surabaya (GA-011), (Surabaya Kupang (GA-080), Kupang Surabaya (GA-081), Surabaya Jakarta  (GA-016), Jakarta Surabaya (GA-017), Surabaya Balikpapan (GA-060), Balikpapan Surabaya (GA-061), Surabaya Ampenan (GA-092), dan Ampenan Surabaya (GA-093 )

Citilink berdiri sejak Juli 2001, merupakan Strategic Business Unit dari PT Garuda Indonesia yang melayani penerbangan point-to-point dan difungsikan sebagai salah satu alternatif penerbangan berbiaya murah di Indonesia.

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

One Response to Garuda Indonesia kembali Operasikan Citilink Dengan Konsep Penerbangan Berbiaya Rendah

  1. Aulya Imaniar mengatakan:

    Bangkitlah kembali dengan kualitas yang lebih baik !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: