Presiden SBY, Tim Re-negosiasi LNG Tangguh harus Perbaiki Kontrak yang Ada

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menginstruksikan kepada Tim re-negosiasi kontrak LNG Tangguh yang resmi bekerja mulai 16 September 2008 untuk memperbaiki kontrak yang ada.

Lebih lanjut Presiden Yudhoyono menjelaskan tujuan pembentukan tim ialah memperbaiki kontrak yang sudah ada untuk kepentingan Negara dan Rakyat Indonesia serta bagi kepentingan saudara kita di Papua.

Presiden mengharapkan tim dalam menjalankan tugas menggunakan sistem, transparan dan jangan ada konflik kepentingan.

Tim renegosiasi LNG Tangguh diketuai oleh Plt Menko Perekonomian Sri Mulyani Indrawati dan untuk sekretaris dari sekretaris Menko Perekonomian serta dibantu dua orang narasumber yakni Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Purnomo Yusgiantoro dan Menteri Negara BUMN Sofyan Djalil.

Sedangkan anggota tim terdiri dari Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Evita Legowo, Kepala Badan Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi R Priyono, Komisaris PT Pertamina Oemar Said, Duta Besar RI untuk China Sudrajat dan Staf Khusus Menko Perekonomian Mohammad Ikhsan.

Tim bertanggung jawab langsung kepada Presiden sedangkan Wakil Presiden akan memberikan supervisi dan memastikan tim berjalan dengan baik.

Pada Bulan Agustus 2008, Pemerintah Indonesia telah memutuskan untuk melakukan negosiasi ulang kontrak LNG Tangguh ke Fujian dengan Pemerintah China setelah mendapat laporan audit BPK yang melaporkan adanya potensi kerugian negara karena harga yang disepakati pada 2002 dinilai terlalu rendah dan merugikan pemerintah dalam kondisi harga minyak dunia saat ini.

Kontrak penjualan gas Tangguh diteken pada 2002 dengan volume sebanyak 2,6 juta ton per tahun. Pada saat kontrak ditandatangani harga jual yang disepakati hanya US$ 2,4 per MMBtu selama 25 tahun. Namun, harga tersebut direvisi menjadi US$ 3,3.

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: