Alokasi Anggaran Subsidi Listrik 2009 sebesar Rp 60.43 Triliun

Pemerintah dan DPR telah menyepakati alokasi anggaran subsidi listrik 2009 sebesar Rp 60.43 triliun dengan asumsi pertumbuhan listrik tujuh persen.

Dalam rapat pengambilan keputusan pada Selasa 16 September 2008, pemerintah diwakili Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral sedangkan DPR dari Komisi VII yang mengurus bidang energi dan pertambangan.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Purnomo Yusgiantoro mengungkapkan agar angka subsidi sebesar Rp 60.43 triliun dan pertumbuhan listrik sebesar 7 persen tercapai maka Kementrian ESDM akan melakukan optimalisasi pemakaian gas di 10 pembangkit yang membutuhkan 889 miliar british thermal unit per day (BBTUD).

Sedangkan perkiraan bilamana tidak melakukan optimalisasi dengan angka subsidi tetap Rp 60.43 triliun maka angka pertumbuhan listrik hanya sebesar 5,63 persen.

10 pembangkit yang akan dioptimalkan pemakaian gasnya adalah PLTGU Gresik dengan kebutuhan 220 BBTUD, PLTGU Muara Tawar 250 BBTUD, PLTGU Cilegon 80 BBTUD, PLTGU Tanjung Priok sebesar 120 BBTUD, PLTGU Muara Karang 40 BBTUD, PLTGU Belawan 25 BBTUD, PLTG Teluk Lembu 30 BBTUD, PLTG Aceh Timur 15 BBTUD, Sistem Sumatera Bagian Selatan 90 BBTUD dan Sistem Kalimantan Timur 19 BBTUD.

Subsidi Listrik untuk tahun 2009 yang sebesar Rp 60.43 Triliun, menurun dibandingkan subsidi listrik tahun 2008 yang sebesar Rp 88.2 triliun, tingginya angka subsidi disebabkan oleh pemakaian BBM pada pembangkit listrik yang harganya lebih mahal dibandingkan gas dan batubara.

Sebagai perbandingan, jika menggunakan BBM jenis HSD (minyak solar) maka listrik yang dihasilkan akan mencapai Rp 2.500 per Kwh, sedangkan jika menggunakan batubara maka listrik yang dihasilkan harganya sebesar Rp 350 per Kwh dan bila menggunakan gas maka listrik yang dihasilkan harganya Rp 400 per Kwh.

Saat ini di Indonesia ada 13 pembangkit listrik yang memakai gas dengan kapasitas total 9.551 MW dengan kebutuhan pasokan gas sebanyak 1.595 BBTUD.

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: