BI dan Bapepam Akan Terbitkan Aturan tentang Produk Investasi Offshore

Seiring dengan maraknya penjualan produk-produk investasi asing oleh bank lokal, serta adanya investor lokal yang menjadi korban kebangkrutan perusahaan investasi dari Amerika Serikat Lehman Brothers, BI rencananya akan membuat aturan dan panduan mengenai produk investasi yang diterbitkan lembaga keuangan asing (offshore).

Muliaman Hadad Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) mengungkapkan dalam peraturan yang akan diterbitkan, BI akan menitikberatkan pada sisi kehati-hatian.

Lebih lanjut Muliaman mengungkapkan
selain sisi prudensial, BI juga ingin memastikan bahwa dalam menawarkan produk offshore, bank juga memperhatikan aspek perlindungan nasabah, transparansi produk dan aspek know your customer (KYC), sebagai antisipasi terhadap praktek pencucian uang.

Nantinya, Bank Indonesia akan mewajibkan monitor secara berkala exposure resiko dari produk investasi offshore, selain itu bank harus mengkonfirmasi bahwa produk investasi offshore yang ditangani telah terdaftar pada otoritas di Indonesia.

Sedangkan bila bank bertindak sebagai agen bank harus memastikan mitra bisnisnya telah terdaftar dan punya izin yang sesuai dari otoritas yang berwenang dinegara asalnya, bank juga diwajibkan untuk melakukan edukasi mengenai keuangan kepada masyarakat sehingga ketika melakukan investasi sudah dilandasi pengetahuan yang memadai termasuk resikonya.

Selama ini, peran bank sebagai penjual atau investor produk investasi “offshore” belum diatur secara rinci.

Sebelumnya, Bank sentral pernah mengatur transparansi informasi produk dalam surat edaran No 7/25/DPNP tahun 2005, namun dalam ketentuan tersebut antara produk domestik dan offshore belum dibedakan.

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: