Siapa Politisi yang akan menjadi Pahlawan Kartun Selanjutnya? (Editorial Mainichi Shimbun 26 September 2008)

Mantan Perdana Menteri Yoshida Shigeru pada saat berkunjung ke Kamakura (Prefektur Kanagawa) menyempatkan diri mencari rumah kerabatnya dan salah seorang anak kecil yang sedang bermain kasti melihatnya dan berteriak “Perdana Menteri di sini!”.

Salah seorang teman bermainnya sambil lalu  menjawab “Kenapa Perdana Menteri harus datang kesini?”, Tapi anak kecil yang melihat Yoshida menjawab “Tapi ia kelihatannya mirip dengan karakter kartun”. Yoshida sendiri sangat gemar menceritakan kembali kisah ini.

Sebenarnya, Yoshida dibuat karikaturnya dalam berbagai bentuk kartun dan pada saat pensiun, salah seorang kartunis membuat kartun yang merupakan ungkapan rasa terimakasih para kartunis kepada Perdana Menteri Yoshida.

Kini cucu Yoshida, Aso Taro yang merupakan ketua umum Partai Liberal Demokrat (LDP) serta Perdana Menteri Jepang, yang juga pecinta kartun, akhirnya menggenggam kekuasaan dan membuat dirinya menjadi pahlawan dalam kartun politik. Dalam pertarungan lima orang untuk meraih kursi ketua umum LDP, Aso memperoleh dua pertiga suara dan mendapatkan suara terbanyak.

Aso mengambil alih kepemimpinan partai melalui karang yang tajam karena dua pemimpin sebelumnya mundur dari roda pemerintahan tanpa memberikan penjelasan yang memadai.

Tapi rencana Perdana Menteri baru untuk berhadapan dengan Ozawa Ichiro dari Partai Demokrat Jepang, yang satu hari sebelumnya menyampaikan programnya, telah semakin jelas.

Tanpa ada keraguan, LDP sebenarnya mengikuti aturan permainan yang ditulis dalam buku panduan partai yang menuntut diselenggarakannya pemilihan ketua umum partai yang baru untuk meningkatkan tingkat kepercayaan pemilih kepada partai dan mengangkat popularitas pemimpin partai yang ditujukan untuk pemilihan umum.

Tapi untuk sementara, krisis keuangan di Amerika Serikat dan skandal beras yang tercemar telah menimbulkan efek bola salju.

Penyelenggaraan pemilihan ketua umum partai disaat krisis seperti ini memberikan kesan, politik Jepang tidak mampu memberikan respon yang memadai.

Yoshida Shigeru sangat membenci kampanye pemilihan Umum. Ketika perencana strategi kampanyenya mendesak Yoshida untuk menyampaikan pidato di Jalanan, ia menolak dan “berkata bagaimana mungkin saya bicara masalah negara disaat kereta kuda dan mobil ribut berlalu lalang!”.

Namun saat ini, popularitas LDP sangat tergantung pada pergantian ketua umum partainya yang baru.

Suatu kebetulan bapak Ozawa Ichiro, Ozawa Saeki, seorang politisi yang handal, merupakan teman dekat Yoshida.

Lalu dari kedua pemimpin partai yang punya kaitan dengan Yoshida, siapakah yang akan bertahan dan menjadi pahlawan dalam kartun politik? (“Yoroku” kolom halaman depan dalam koran Mainichi).

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: