Kapal Induk Tenaga Nuklir Untuk Menjaga Stabilitas di Asia (Editorial Yomiuri Shimbun 26 September)

Kapal Induk Tenaga Nuklir pengangkut pesawat tempur, USS George Washington telah tiba hari Kamis pekan lalu di pangkalan Angkatan laut Amerika Serikat Yokosuka Prefektur Kanagawa, penempatan pasukan ini diharapkan memberikan kontribusi tidak hanya pada pertahanan Jepang tapi juga untuk perdamaian dan stabilitas di seluruh kawasan Asia Pasifik.

USS George Washington menggantikan USS Kitty Hawk yang ditempatkan diYokosuka mulai tahun 1998 dan telah habis masa tugasnya.

USS George Washington merupakan Kapal Induk bertenaga Nuklir pertama yang ditempatkan di Jepang.

Dibangun pada 1992, George Washington merupakan salah satu dari empat yang termuda dari sebelas kapal induk pengangkut pesawat tempur. dan mampu mengangkut 75 pesawat tempur dan 6.000 orang awak termasuk pilot.

Kemampuan kapal induk ini punya kemampuan untuk terlibat dalam operasi militer lebih lama dibanding kapal induk konvensional karena menggunakan tenaga penggerak nuklir selain itu akselerasi ketika berlayar juga lebih cepat dibanding kolega konvensionalnya.

Perintang Yang Kuat

Penempatan kapal induk pengangkut pesawat tempur di Jepang dengan kemampuan yang lebih baik memperkuat Potensi Perintangan Militer Amerika Serikat.

Kehadiran Militer Amerika Serikat di Jepang merupakan batu loncatan aliansi keamanan Jepang-Amerika Serikat dan kekuatan udara memainkan peranan yang sangat penting.

Ketika Taiwan menyelenggarakan Pemilihan Presiden pada Bulan Maret 2008, USS Kitty Hawk dan kapal induk pengangkut pesawat tempur lainnya melakukan latihan di perairan sebelah timur Taiwan sebagai bentuk pamer kekuatan.

Latihan tersebut dipercayai sebagai upaya mencegah China melakukan aksi serupa yang pernah dilakukannya pada tahun 1996, yakni latihan peluncuran rudal di Selat Taiwan untuk menekan Taiwan, yang saat itu akan melakukan pemilihan presiden yang pertama kalinya.

Untuk saat ini, sangatlah penting untuk menjamin keamanan kapal induk bertenaga nuklir tersebut.

Pada Bulan Mei, salah seorang awak USS George Washington yang merokok menimbulkan percikan api dan mengakibatkan penurunan pangkat kapten dan perwira pelaksana.

Dan untuk keperluan perbaikan, penempatan kapal induk nuklir ini ke Yokosuka ditunda lebih dari satu bulan. Meskipun reaktor nuklir tidak mengalami kerusakan, namun itu menunjukan bahwa kecelakaan bisa terjadi oleh karena kecerobohan sederhana.

Pada Bulan Agustus Kapal Selam bertenaga Nuklir USS Houston diumumkan telah mengeluarkan sejumlah kecil air yang terkontaminasi radioaktif dari katup lebih dari dua tahun, dan juga pernah sebanyak sebelas kali mengadakan kunjungan ke Jepang.

Konsentrasi unsur radioaktif yang bocor dinyatakan sama dengan yang ada secara alami di lautan. Jumlah total radiasi yang bocor selama kunjungan di Jepang dinyatakan lebih sedikit dibandingkan jumlah yang keluar pada waktu dada seseorang dikenai Sinar X.

Meskipun begitu, Pemerintah Jepang harus menekan Amerika Serikat untuk melakukan yang terbaik pada manajemen keamanan USS George Washington jika ingin menghilangkan kecemasan para warga lokal dan para pihak yang peduli.

Amerika Serikat juga seharusnya merespon secara proaktif terhadap permintaan untuk membuka informasi terkait kecelakaan dan hal lainnya yang berkaitan dengan publik.

Pada Bulan Juni 2006, Pemerintah Kota Yokosuka menyetujui penempatan kapal induk nuklir pengangkut pesawat tempur dan selanjutnya menandatangani nota manajemen bencana dengan Angkatan Laut Amerika Serikat yang berpangkalan di Jepang. Pada Bulan November 2007, Jepang dan Amerika Serikat melaksanakan latihan bersama manajemen bencana.

Salah seorang pejabat Tinggi Angkatan Laut Amerika Serikat pernah mengatakan bahwa filosofi Angkatan Laut ialah dengan cepat berhadapan dengan berbagai hal ketika masih dalam tahap awal untuk mencegah hal tersebut menjadi masalah besar.

Untuk mencapai hal tersebut, kedua negara seharusnya membuat upaya-upaya lebih jauh untuk membentuk hubungan kepercayaan melalui latihan bersama dan pertukaran opini yang terus terang.

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: