Museum Tsunami Senilai USD7,5 Juta Dibangun di Aceh

Pemerintah Indonesia akan membangun museum tsunami senilai USD7,5 juta di provinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD) untuk mengenang 216.000 orang yang tewas akibat gelombang tsunami yang menyapu pesisir Asia tiga tahun lalu.

Associated Press (AP) melansir (22/8/2007), museum tersebut akan dibangun di puncak sebuah bukit di atas lahan seluas 10.000 meter persegi di ibukota NAD, Banda Aceh, wilayah terparah terkena tsunami pada tanggal 26 Desember 2004 di mana lebih dari 2/3 warga Banda Aceh tewas.

Menurut juri lomba desain arsitek museum tersebut, Kamal Arief, di bangunan itu akan ditampilkan budaya dan sejarah rakyat Aceh, termasuk informasi mengenai tiga dekade pertempuran tentara Indonesia dan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) hingga diakhiri tsunami yang menewaskan 167 ribu orang dan mengakibatkan setengah juta lainnya kehilangan tempat tinggal.

Selain itu, lanjut Arief, museum tersebut juga menampilkan gambaran dan simulasi saintifik tentang proses terjadinya gempa dan tsunami, serta keadaan Aceh sebelum dan sesudah tsunami.

Arief menambahkan, museum tersebut didesain seperti rumah tradisional dengan kayu oleh arsitek Ridwan Kamil, arsitek yang memenangkan lomba desain museum tersebut.

Nama-nama korban juga akan dituliskan di dinding bagian dalam menara di museum tersebut.

Okezone

Tentang buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan komentar